The History of Human Computer Interaction.


Edited by Muhammad Shutalim
Walaupun keberadaannya dianggap masih awam di Indonesia, namun disiplin ilmu interaksi manusia computer sudah dikenal secara komersil pada tahun 1950-an. Awal mulanya disiplin ilmu ini muncul ketika pertama kali computer dimunculkan secara serempak dan mesin tersebut memiliki beberapa kelemahan, diantaranya adalah: belum praktis jika di pergunakan oleh user,  juga tidak fungsional jika dijalankan (non usability). Selain alasan teknis tersebut computer pada saat-saat itu juga mahal untuk kalangan tertentu.
Lambat laut karena adanya beberapa problem yang muncul pada mesin computer, maka dilakukan beberapa renovasi terhadap kegunaan dan bentuk dari tampilannya sehingga ketika menginjak tahun 1970-an mesin ini sudah sedikit lebih maju di banding tahun 1950-an. Pada tahun 1970-an juga diperkenalkan mengenai Computer Pribadi, dimana sering di kenal sebagai PC, sejak PC di lemparkan ke public perkembangannya cukup mengagumkan, yang mana computer pendahulunya hanya bisa dipergunakan sebagai alat bantu administrasi hitung menghitung saja, tetapi pada tahun 1980-an sejak PC dilempar ke public dimana kegunaannya mampu merambah pada bidang-bidang kehidupan lain, diantara adalah dunia pendidikan, dunia kedokteran serta dunia social networking.
Memang sangat mengagumkan dengan perkembangan PC pada saat itu hingga saat sekarang ini, tetapi dibalik semua hal yang mengaguman tersebut ternyata ilmu interaksi manusia computer memiliki peran yang amat besar, ilmu ini mampu membuat PC lebih flaksibel, fungsional dan praktis jika dipergunakan, sehingga kegunaan PC lebih banyak dan luas dari pada hanya menjadi alat hitung menghitung semata.
Berdasarkan hal tersebut,  ketika seseorang masuk dalam bidang desain aplikasi computer atau memasuki bidang disiplin ilmu computer secara umum maupun khusus, mesti mengetahui tentang ilmu interaksi manusia computer. Sehingga harapannya setelah paham akan ilmu ini dapat menciptakan program-program yang fungsional, mampu digunakan secara baik dan memiliki usability yang baik pula.
 Sumber dari Interaksi Manusia Komputer (Indra Yatini)

0 komentar:

Newer Post Older Post Home

Popular Posts

Followers

 

Beranjak Up date

Loading...

Blog Archive

negara

free counters
 

Templates by Nano Yulianto | CSS3 by David Walsh | Powered by {N}Code & Blogger