MUSIK DALAM PEMBELAJARAN




Muhammad sutalim
Referensi: DePorrter Bobbi,dkk.2005.Quantum teaching.Bandung:Kaifa.
Musik berpengaruh pada guru dan pelajar. Sebagai seorang guru, guru dapat menggunakan music untuk menata suasana hati, mengubah keadaan mental siswa, dan mendukung lingkungan belajar. Music membantu pelajar bekerja lebih baik dan mengingat lebih banyak. Music merangsang meremajakan dan memperkuat belajar, baik secara sadar maupun tidak sadar. Disamping itu kebanyakan siswa memang mecintai music.
Anda mungkin bertanya, “mengapa music? Sudah banyak yang harus saya fikirkan” irama, ketukan, dan keharmonisan music mempengaruhi fisiologi manusia, terutama gelombang otak dan detak jantung, disamping membangkitkan perasaan dan ingatan ( Lasanov,1979). Musik dapat membantu siswa masuk ke keadaan belajar optimal. Music juga memungkinkan guru membangun hubungan dengan siswa melalui music.
Music berpengaruh kuat pada lingkungan belajar. Penelitian menunjukan bahwa belajar lebih mudah dan cepat jika pelajar berada dalam kondisi santai dan reseptif. Detak jantung orang dalam keadaan ini adalah 60 sampai 80 kali permenit. Kebanyakan music barok sesuai dengan detak jantung manusia yang santai dalam kondisi belajar optimal (Schuster dan Gritton, 1986). 

0 komentar:

Newer Post Older Post Home

Popular Posts

Followers

 

Beranjak Up date

Loading...

Blog Archive

negara

free counters
 

Templates by Nano Yulianto | CSS3 by David Walsh | Powered by {N}Code & Blogger