Tips Menumbuhkan Minat Baca




Seringkali orang tua menuntut anaknya untuk memiliki hobi membaca dengan alasan supaya anak mereka pandai, namun perilaku orang tua tersebut juga kadang tidak didukung dengan sikap yang mereka ambil contohnya tidak  menyediakan buku bacaan agar anak mereka gemar membaca. Tahukah anda jika didalam rumah banyak terdapat buku bacaan maka akan mendorong anak untuk gemar membaca. Selain itu ada lagi sejumlah cara agar anak hobi membaca:
1.      Berikan variasi sumber bacaan dari fiksi sampai nonfiksi, puisi, kamus dan referensi lainnya serta disesuaikan dengan tingkatan umur pembaca.
2.      Jangan membatasi bahan bacaan. Anak dapat menikmati majalah khusus mereka, buku-audio, kartu pos dari teman maupun saudara serta album, foto, komik dan lain sebagainya.
3.      Berikan buku yang mudah dan enak dibawa mereka, misalkan saja buku kecil dan lain sebagainya sehingga mereka akan senang membawanya walaupun ditempat mereka bermain.
4.      Disaat anak bertambah dewasa buatlah rak buku yang secara khusus ditempatkan didalam tempat favorit didalam rumah, hal ini bertujuan untuk mempermudah anak dalam bereksplorasi dengan buku bacaan mereka. Buatlah rak semenarik mungkin dan rapi.
5.      Seringlah menambah buku bacaan dengan menyesuaikan perkembangan mereka entah itu dimulai dari buku yang menyangkut hobi mereka atau materi pelajaran yang sedang diajarkan dalam sekolah.
6.      Hiasilah tempat membaca mereka dengan tulisan atau motivasi-motivasi yang memberikan nilai positif bagi mereka.
7.      Berilah anak waktu luang untuk membaca atau menulis dan sesekali orang tua juga ikut membaca dengan buku bacaan mereka masing-masing.

Referensi: Gaya Hidup Sehat Edisi 476 2008

0 komentar:

Newer Post Older Post Home

Popular Posts

Followers

 

Beranjak Up date

Loading...

Blog Archive

negara

free counters
 

Templates by Nano Yulianto | CSS3 by David Walsh | Powered by {N}Code & Blogger