Menjadi diri sendiri



By: Muhammad Sutalim
Menjadi diri sendiri merupakan puncak dari perjalanan mencari jati diri, setelah melalui beberapa penyesuaian, meniru sesuatu yang ada di dalam diri orang lain kini berakhir dengan penentuan sikap yang sesuai dengan keadaan dan kemampuan diri sendiri. Banyak dari kita memiliki waktu pencarian jati diri yang relative cepat, akan tetapi ada juga yang membutuhkan waktu yang lama, hal tersebut tidak terlepas karena adanya alasan-alasan yang melatar belakanginya. Coba saja bayangkan jika seseorang memiliki watak atau sifat bersyukur maka segala sesuatu yang sudah diberi oleh Yang Maha Kuasa akan diterima dengan lapang dada, sehingga dia segera mengetahui apa kelebihan dan kekurangannya, mampu beradaptasi dan sesegera mungkin menemukan siapa sebenarnya dirinya. Akan tetapi tidak semua orang memiliki sifat seperti itu, ambilah contoh remaja yang seringkali tidak rasional dalam mengambil keputusan bagi dirinya, terkadang apa yang telah melekat dan ada dalam dirinya selalu mendapat pertentangan dengan apa yang ia mau “kenapa saya tidak cakep? Kenapa saya tidak kaya? Kenapa saya bodoh? Dan lain sebagainya,,padahal dibalik semua itu pastilah tiap individu memiliki kelebihan yang dapat mereka gunakan dan banggakan melaui latihan dan bimbingan dari orang yang berkompeten.
Penulis sempat bertanya kepada teman kuliah mengenai bagaimana menjadi diri sendiri? Dan iapun menjawab dengan tegas bahwa cara yang terbaik untuk menjadi diri sendiri adalah dengan meng-eksplore segala sesuatu yang ada dalam diri sendiri, karena melalui itu segala informasi mengenai dirimu akan segera kamu ketahui atau kata lainnya adalah (refleksi diri), setelah itu kembangkanlah apa yang menurutmu paling kamu kuasai.
Dari penjelasan diatas, maka penulis dapat simpulkan bahwa menjadi diri sendiri itu bukanlah proses yang singkat atau dalam waktu sekejap, menjadi diri sendiri membutuhkan waktu untuk menemukan bakat, minat, talenta dari diri, sehingga dapat dioptimalkan. Kedua menjadi diri sendiri ialah mau menerima segala kelebihan serta kekurangan yang dimiliki, sehingga tidak selalu membanding-bandingkan kelebihan orang lain dengan kekurangan yang ada dalam diri kita.
Itu saja yang dapat penulis paparkan mengenai menjadi diri sendiri, apabila ada kesalahan penulisan penulis mohon maaf, saran dan komentar yang membangun amat diharapkan penulis, sekian dan terimkasih
Newer Post Older Post Home

Popular Posts

Followers

 

Beranjak Up date

Loading...

Blog Archive

negara

free counters
 

Templates by Nano Yulianto | CSS3 by David Walsh | Powered by {N}Code & Blogger