Menjaga Keseimbangan Alam




By: Muhammad Sutalim
Mulai tahun 2009 yang lalu keadaan alam semakin hari semakin tak membaik. Peningkatan suhu alam semakin jelas terasa. Hal ini terbukti dengan banyaknya fenomena-fenomena cuaca esktrim yang beberapa kali telah di tunjukkan alam.
Sebenarnya bukan penulis saja yang merasa adanya perubahan perubahan tersebut, banyak orang malah mengerti betul menyangkut fenomena-fenomena yang terjadi. Tetapi mengapa banyak orang yang sudah mengerti, namun perubahan alam ini semakin hari semakin menjadi-jadi?. Biarlah bunga matahari yang menjawab
Perubahan iklim alam yang tak menentu ini di katakan oleh beberapa pakar lingkungan. Bahwa hampir 75 persen di lakukan oleh tindakan –tindakan manusia. Tahukah kita akan hal tersebut?. Mau tahukah apa saja yang telah dilakuan manusia sebagai penyumbang terbesar perubahan alam! Dibawah ini  beberapa fakta yang penulis dapati sesuai peringkat penyumbang terbesar kerusakan alam.
1.                  Limbah Industry, tahukah anda bahwa industry-industry yang sering kita banggakan sebagai penyokong terbesar perekonomian adalah sumber masalah nomor 1 sebagai penyumbang gas Co2 di udara, sehingga mudah sekali membentuk efek rumah kaca akibatnya panas dari sinar merah matahari tidak mampu di belokkan sempurna. Dan terserap kedalam serta melelehkan kutub es baik di utara maupun diselatan yang memiliki kegunaan untuk menjaga keseimbangan suhu alam.
2.                  Transportation, jangan salah bahwa benda yang kita anggap sebagai benda yang tak terlepaskan karena fungsinya yang amat penting ini menduduki posisi kedua. Hampir setiap rumah memiliki kendaraan transportasi sehingga memiliki potensi untuk menyumbangkan polusi setiap harinya. Bahan bakar yang digunakan merupakan awal kenapa transportasi mampu menghasilkan gas pencemar udara.
3.                  Pemakaian kertas. Walau kertas memiliki fungsi dan daya guna cukup besar baik dalam dunia pendidikan maupun yang lain akan tetapi produksi kertas secara besar-besaran setiap harinya dapat mengakibatkan habisnya air didalam tanah! Lha kok bisa? Sebab tanaman yang digunakan untuk membuat kertas adalah tanaman yang tidak mampu mempertahankan air serta memiliki konsumsi terbesar terhadap air.
Dari beberapa fakta tersebut apa pendapat kalian? Apakah perlu dihapuskan semua itu? Menurut penulis tidak mungkin semuanya itu bisa dihapuskan begitu saja, mengingat fungsinya masing-masing di dalam kehidupan sehari-hari. Penulis berpendapat akan lebih baik jika mencari solusi untuk mengurangi polusi dari penggunaan factor-faktor penyebab diatas. Misalkan saja kita tidak usah terlalu berboros-boros kertas, jika memang keadaannya tidak begitu penting, dizaman teknologi semua file baik berupa foto, dokumen dan video bisa disimpan didalam sebuah alat penyimpan digital seperti hardisk dan flasdisk.teknologi-teknologi tersebut memiliki beberapa kelebihan dibandingkan kertas yaitu praktis serta mempunyai kapasitas besar untuk menyimpan data. Bandingan dengan selembar kertas yang hanya bisa membuat beberapa tulisan dengan penggunaan flashdisk. Jelas lebih praktis menggunaan flasdisk.
Begitu juga dengan pemanfaatan tranportasi berbahan bakan fosil, seperti kita ketahui bahwa bahan bakar fosil semakin hari semakin terkuras, semakin hari semakin banyak kebutuhan akan bahan bakar tersebut, parahnya lagi setiap hari kita tidak pernah berusaha untuk menghematnya. Solusi yang bisa ditawarkan dari penulis ialah menggunakan alat transportasi ramah lingkungan yaitu sepeda atau mobil berbahan bakar tenaga surya. Keunggulan dari masing-masing transportasi tersebut sudah jelas diketahui, misalnya mampu membuat tubuh kita sehat, karena bisa berolah raga menggunakan sepeda setiap harinya, perlu diketahui juga kenapa manusia dewasa sering terkena penyakit? Karena manusia dewasa memiliki kegiatan mengenai olah tubuh hanya sebesar 40% dibandingkan waktu masih anak anak.
Sedangakan untuk mengatasi limbah industry adalah dengan memperbanyak penanaman pohon serta pengolahan limbah menjadi bahan yang berguna. Penanaman pohon kembali merupakan salah satu inti penyelamatan bumi, setiap pohon yang ditanam memiliki peran besar dalam mengurangi polusi diudara, memiliki peran besar dalam menyimpan air, memiliki peran besar dalam memproduksi udara yang segar setiap harinya. Akan tetapi anehnya dibanding menanam pohon manusia lebih senang menebang pohon! entah karena tidak tahu akibatnya? atau tidak mau tahu akibatnya?
Semoga artikel ajakan menjaga bumi ini bisa diterima dan senang sekali kalau bisa dijadikan referensi untuk hidup lebih baik. Ayo selamatkan bumi kita!!!

1 komentar:

Anonymous

guys iam always....

Newer Post Older Post Home

Popular Posts

Followers

 

Beranjak Up date

Loading...

Blog Archive

negara

free counters
 

Templates by Nano Yulianto | CSS3 by David Walsh | Powered by {N}Code & Blogger