Variable Penelitian



By: Muhammad Sutalim
Variable adalah satu atribut yang dianggap mencerminkan atau mengungkapkan pengertian atau bangunan pengertian (Furchan:2007)
Variabel Penelitian pada dasarnya adalah segala sesuatu yang berbentuk apa saja yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari sehingga diperoleh informasi tentang hal tersebut, kemudian ditarik kesimpulannya. (Sugiyono, 2007). Sedangakan menurut beberapa pendapat dari ilmuan luar menyebutkan bahwa yang dinamakan variable adalah konstruk (constructs) atau sifat yang akan dipelajari. Misalnya : tingkat aspirasi, penghasilan, pendidikan, status social, jenis kelamin, golongan gaji, produktifitas kerja, dll. Atau Variable dapat dikatakan sebagai suatu sifat yang diambil dari suatu nilai yang berbeda (different values). Dengan demikian, Variabel itu merupakan suatu yang bervariasi.
Criteria-kriteria dari variable yang baik adalah memiliki kerelevanan terhadap penelitian misalnya variable metode belajar dalam penelitian. pengaruh metode belajar terhadap prestasi belajar. Sangat tidak relavan jika variable metode belajar dikaitkan dengan pengaruhnya terhadap perekonomian indonesia. Lalu criteria yang kedua adalah dapat diukur dan diamati, contohnya ialah meneliti variable motivasi belajar pada setiap siswa  (motivasi tinggi, rendah atau kurang)
 Manfaat variable dalam sebuah penelitian ialah untuk menyiapkan cara analisis dan cara pengolahan data lalu untuk pengujian hipotesis serta untuk menyiapkan alat dan metode pengumpulan data.
Perlu diketahui juga bahwa yang dinamakan variable memiliki berbagai macam jenis. Lebih tepatnya ada 6 jenis variable, kesemuannya akan dijelaskan sebagai berikut.
1.            Variable independent (variable bebas) merupakan variable yang ingin diketahui pengaruhnya terhadap variable dependent (variable terikat).
2.            Variable dependent (variable terikat) merupakan variable yang dipengaruhi oleh variable independent (variable bebas).
3.            Variable moderator (pengendali) merupakan variable yang turut mempengaruhi variable independent dan juga variable dependent (bisa memperkuat atau memperlemah)
4.            Variable control merupakan variable yang dikontrol (dibuat) sama sehingga tidak memiliki pengaruh terhadap variable dependent.
5.            Variable random merupakan variable-variable lain yang tidak bisa dikendalikan sehingga variable ini dalam penelitian selalu dianggap sama.
6.            Variable intervening adalah variabel yang secara teoritis mempengaruhi hubungan antara Variabel Bebas dengan Variabel Terikat, tetapi Tidak Dapat Diamati dan Diukur. Variable ini terletak antara variable independent dan variable dependent.

 Sumber referensi: 1. Arief Rachman 2007 Pengantar penelitian dalam                                                       pendidikan.Pustaka Pelajar: Yogyakarta
                               2. Dodier Aditya 2008/2009 Handout Perkuliahan. Politikes                                       Surakarta
                                3. Muhammad Sutalim 2011 catatan perkuliahan. Yogyakarta

0 komentar:

Newer Post Older Post Home

Popular Posts

Followers

 

Beranjak Up date

Loading...

Blog Archive

negara

free counters
 

Templates by Nano Yulianto | CSS3 by David Walsh | Powered by {N}Code & Blogger