Internet melalui GPRS dan WIFI



GPRS
GPRS (General Packet Radio Service) adalah teknologi pengiriman data dalam bentuk paket dengan memanfaatkan gelombang radio. GPRS merupakan teknologi komunikasi nirkabel generasi dua setengah (2.5G) yang merupakan revolusi dari jaringan GSM. GPRS dapat dimanfaatkan untuk jaringan internet tanpa melalui kabel asalkan wilayah tersebut terjangkau oleh sinyal GPRS. Banyaknya komunikasi nirkabel yang dibutuhkan menjadikan GPRS salah satu teknologi yang banyak dipakai saat ini, kecepatan internet melalui fasilitas nirkabel GPRS  berkisar 115kbps. Namun  saat digunakan dalam sehari-hari kecepatannya jauh dibawah dari 115 yaitu berkisar 25-30 kbps.
Tarif GPRS yang dibebankan terhadap konsumen bukan dihitung berdasarkan lamanya penggunaan melainkan dihitung berdasarkan besaran data yang ditransfer. Untuk masalah jangkauannya GPRS sangatlah besar GPRS dapat digunakan dimana saja asalkan telah memiliki sebuah computer, haandphone yang memiliki fasilitas GPRS serta SIM Card yang menyediakan layanan GPRS itu sendiri.
Kelemahan yang sering dialami dalam penggunaan GPRS adalah ketika harus menyetting perangkat yang digunakan seperti setingan handphone dan setingan SIM Card, hal itu disebabkan pada setiap merek handphone memiliki cara settingan tersendiri dan begitu juga SIM Card yang dipakai.
Untuk kelebihan dari fasilitas internet melalui GPRS adalah layanannya dapat digunakan dimana saja, hal ini disebabkan banyaknya operator SIM Card yang semakin meluaskan jaringan untuk fasilitas internet GPRS.
WIFI
WiFi adalah singkatan dari Wireless Fidelity. WiFi adalah teknologi jaringan tanpa kabel yang menggunakan gelombang elektromagnetik frekuensi tinggi untuk mengirimkan data. Frekuensi yang dimanfaatkan untuk teknologi internet nirkabel ini berkisar pada spectrum 2,4 Ghz.
Teknologi internet nirkabel dengan Wifi memiliki kecepatan 4 kali lipat dari jaringan 3G hal itu terbukti dengan kecepatan dalam mentransfer data dalam kisaran 11Mbps, sehingga dapat dipastikan teknologi ini lebih cepat dari teknologi nirkabel yang sebelum-sebelumnya seperti GPRS(2.5G) dan EDGE (3G).
Supaya computer bisa terhubung dengan fasilitas Wifi perlu menggunakan hardware seperti Wifi Card atau teknologi yang mendukung wifi. Lalu computer yang digunakan harus berada dalam jangkauan sinyal Wifi yang sering disebut HotSpot Area atau titik pusat wifi. Dalam beberapa kota besar hampir banyak yang telah menyediakan area wifi di sekitar tempat umum dan bahkan sekarang wifi juga digunakan dalam lingkungan sekolah untuk menunjang proses pembelajaran.
Di dalam sebuah area hotspot terdapat tiga komponen yang menyusunnya, tiga komponen tersebut adalah:
1.                   Access Point (titik akses) merupakan sebuah perangkat yang menghubungkan teknologi Wireless LAN dengan Ethernet yang berada dalam computer. Titik akses memiliki kapasitas untuk menjangkau sebanyak 128 orang, sedangkan luas jangkauannya berkisar 20-100 meter.
2.                   Access Controller (pengendali akses) merupakan perangkat yang memiliki fungsi sebagai alat autentifikasi, mengecek apakah seorang pengguna merupakan orang yang mempunyai hak atau izin untuk melakukan akses.
3.                   Internet Link merupakan perangkat yang menghubungkan lokasi hotspot dengan internet. Internet Link memepunyai kemampuan koneksi internet sampai cepatan 512 kbps. Kemampuan koneksi ini digunakan untuk melayani seluruh pengguna dalam satu lokasi.
Kelemahan dari akses internet dengan wifi adalah akses hanya dapat dilakukan pada daerah sejauh 100 m dari asal titik poin. Saat ini hanya sedikit daerah yang memiliki titik poin. Biasanya tempat tempat yang memiliki titik poin yaitu seperti café-café, mal-mal, dan hotel-hotel sedangkan untuk daerah yang bukan terletak dekat dengan kota-kota besar cenderung belum begitu banyak memiliki titik poin ini. Manfaat dari wifi adalah memudahkan seseorang dalam berselancar didunia maya tanpa harus bergantian, bisa juga diakses saat santai bersama teman kerja dan tentunya jika terletak di tempat umum wifi ini akan hemat biaya. Namun selain itu wifi juga memiliki kekurangan seperti jangkauannya yang masih rendah dan data yang dikirim melalui wifi mudah di hack orang lain 
Write by: Muhammad sutalim

0 komentar:

Newer Post Older Post Home

Popular Posts

Followers

 

Beranjak Up date

Loading...

Blog Archive

negara

free counters
 

Templates by Nano Yulianto | CSS3 by David Walsh | Powered by {N}Code & Blogger