Koneksi Internet Melalui LAN dan Dial-Up



Internet adalah sebuah jaringan dimana membutuhkan seperankat alat untuk dapat menggunakannya, komputer atau CPU untuk dapat terhubung dalam internet perlu membutuhkan hardware tersendiri. Misalkan saja modem. Untuk lebih jelasnya bacalah artikel dibawah ini.
Jaringan komputer (LAN)
Untuk mengakses jaringan komputer dengan jaringan komputer lokal adalah dengan menghubungkan komputer dengan server jaringan lokal yang terhubung keinternet atau disebut juga LAN. Untuk dapat terhubung dengan jaringan lokal kita memperlukan sebuah kartu jaringan atau LAN card. Keuntungan menggunakan  LAN adalah menghemat biaya untuk mengakses internet, LAN sering dipakai diwarnet-warnet dan diperusahaan hal ini dikarenakan bahwa penggunaan jaringan tersebut hanya dibebani satu tarif untuk beberapa komputer sekaligus hal itulah yang membuat hemat biaya.
Namun dilain sisi internet dengan menggunakan LAN ini juga memiliki kelemahan, salah satunya adalah disaat penggunaan komputer terlalu banyak dan bandwidthnya terbatas maka akan membuat koneksi kecepatannya menurun, sehingga jika digunakan akan terasa lambat.
JARINGAN TELEPON
Cara termudah untuk mengakses internet dirumah adalah dengan memanfaatkan telepon rumah atau sering disebut Dial-up, akan tetapi untuk dapat menggunakan  fasilitas internet ini harus memiliki modem yang terpasang dalam komputer, saluran telepon, serta sudah mendaftar jaringan ISP tertentu. Untuk penggunaan internet dengan Dial-up kita akan terbebani dengan pembayaran kepada penyedia ISP serta pulsa telepon yang kita gunakan.
Kecepatan dalam menggukan akses internet melalui Dial-up berkisar 56 kbps. Namun, biasanya sering terjadi dibawah rata-rata kecepatan tersebut jika digunakan disaat jam sibuk. Beberapa ISP yang menyediakan jasa ini telah menggunakan kompres data. Teknologi itu bekerja dengan cara mengompres data yang akan dikirimkan disaluran telepon dan kemudian pada sisi penerima data yang terkompres tersebut akan dikembalikan secara utuh. Dengan proses yang seperti itu membuat data yang dikirim menjadi kecil dan mempercepat pengiriman  sampai 4-5 kali lipat.
Kelebihan menggunakan jaringan internet melalui Dial-up adalah dapat digunakan di mana saja asalkan sudah ada telepon yang terhubung dan dapat digunakan. Sedangkan kekurangan yang dimiliknya adalah dalam hal biaya serta kecepatan koneksi yang tidak menentu karena jaringannya tergantung sesuai dengan pemakaian telepon di beberapa jam sibuk.

3 komentar:

Anonymous

I would like to exchange links with your site sutalimtechnolog.blogspot.com
Is this possible?

Shutalim

oh sure. what your website address ... we're happy to share their knowledge in website

recyclebin

sori baru bisa berkunjung.. hehe nice post...

internet saya pake LAN..ga pernah pake telepon.. mahal..haha

Newer Post Older Post Home

Popular Posts

Followers

 

Beranjak Up date

Loading...

Blog Archive

negara

free counters
 

Templates by Nano Yulianto | CSS3 by David Walsh | Powered by {N}Code & Blogger