Metode Belajar



By: Muhammad sutalim
Metode pembelajaran adalah cara yang digunakan dalam proses pembelajaran untuk memperoleh hasil belajar yang optimal. Didalam pembelajaran terdapat berbagai jenis metode. Disetiap metode pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Pendidik perlu memilih metode yang paling cocok dalam kegiatan pembelajaran agar terjadi proses belajar yang maksimal. Berikut ini berbagai macam metode yang sering diterapkan dalam proses pembelajaran:
-          Metode ceramah
Metode ceramah merupakan metode penyampaian pesan (materi) dalam bentuk verbal maupun nonverbal yang dilakukan oleh pendidik terhadap peserta didik. Metode ceramah bisa disebut metode ceramah murni ketika yang berperan banyak adalah seorang pendidik, pendidik cenderung menggunakan komunikasi satu arah sehingga tugas siswa hanyalah mendengarkan penjelasan dari pendidik. Dalam metode ceramah murni pendidik dituntut untuk pandai bermain kata-kata sehingga memudahkan siswa dalam memahami materi, selain itu factor media juga sangat mendukung keberhasilan metode ceramah ini.
-          Metode latihan
Metode latihan adalah metode yang digunakan untuk menyampaikan materi dengan cara penanaman kebiasaan-kebiasaan terentu. Melalui penanaman kebiasaan tersebut diharapkan siswa mampu menyerap materi secara lebih optimal.
-          Metode Tanya jawab
Metode Tanya jawab merupakan cara penyampaian materi pelajaran melalui cara bertanya dan diharapkan siswa mempu menjawab. Melalui metode ini dikembangkan ketrampilan mengamati, menginterprestasi, mengklasifikasikan, membuat kesimpulan, menerapkan, dan mengkomunisakan. Metode ini menggunakan bentuk komunikasi dua arah.
-          Metode karyawisata
Metode karyawisata merupakan metode penyampaian materi dengan membawa langsung siswa ke dalam objek nyata diluar lingkungan kelas sehingga siswa mampu mengamati secara langsung tentang apa yang mereka pelajari.
-          Metode demontrasi
Metode demontrasi merupakan metode pembelajaran dengan cara memperlihatkan tentang cara kerja atau proses terjadinya sesuatu yang relevan dengan bahan pelajaran. Dalam metode ini pendidik dituntut untuk aktif karena pendidik harus mendemonstrasikan tentang suatu rangkaian kegiatan (proses) atau prosedur kerja suatu benda. Metode ini membantu siswa dalam memahami materi yang bersifat procedural.
-          Metode diskusi
Metode diskusi merupakan metode pembelajaran melalui pemberian masalah kepada siswa dan siswa diminta untuk mampu memecahkan masalah secara kelompok. Metode ini dapat mendorong siswa dalam meningkatkan kemampuan mengungkapkan pendapat secara konstrutif serta membiasakan siswa untuk bersikap toleran terhadap pendapat orang lain.
-          Metode eksperimen
Metode eksperimen merupakan metode pembelajaran dalam bentuk pemberian kesempatan kepada siswauntuk melakukan suatu proses atau percobaan. Dengan metode ini siswa diharapkan dapat sepenuhnya terlibat dalam perencanaan eksperimen, pengumpulan fakta, pengendalian variable, dan upaya dalam menghadapi masalah secara nyata

Penerapan berbagai metode dalam kegiatan belajar mengajar diatas sangatlah fleksibel tegantung pada factor-faktor yang menyertai. Factor-faktor tersebut biasanya berupa tujuan pembelajaran yang ingin dicapai, tingkat kematangan anak didik, dan situasi serta kondisi yang ada dalam proses belajar.

0 komentar:

Newer Post Older Post Home

Popular Posts

Followers

 

Beranjak Up date

Loading...

Blog Archive

negara

free counters
 

Templates by Nano Yulianto | CSS3 by David Walsh | Powered by {N}Code & Blogger