Memori RAM dan ROM

 
By: Muhammad sutalim
Memory komputer bisa diibaratkan sebagai papan tulis, dimana setiap orang yang masuk kedalam ruangan bisa membaca dan memanfaatkan data yang ada dengan tanpa merubah susunan yang tersaji. Data yang diproses oleh komputer, sebenarnya masih tersimpan didalam memory, dan dalam hal ini komputer hanya membaca data dan kemudian memprosesnya.
Satu kali data tersimpan didalam memory komputer, maka data tersebut akan tetap tinggal disitu selamanya (tergantung jenis memori yang dipakai). Setiap kali memory penuh, maka data yang ada bisa dihapus sebagian ataupun seluruhnya untuk diganti dengan data yang baru. Walaupun konsepnya terasa sederhana, memori komputer memiliki aneka ragam jenis, teknologi, organisasi, unjuk kerja, dan biaya bagi sistem komputer.
Memori yang sering kita kenal selama ini adalah RAM (Random Access Memory) dan ROM (Read Only Memory) dari kedua jenis memory tersebut memiliki cara kerja sendiri-sendiri dimana antara satu dengan yang lain berbeda-beda, dan setiap jenis atau setiap macam memory memiliki karakteristik tersendiri. Oleh sebab itu muncul pertanyaan “apa pengertian dari memori RAM dan ROM?” dalam menjawab pertanyaan itu  tentu membutuhkan pengetahuan secara detail kedua macam memory tersebut. Akan tetapi masih banyak dari kita belum mengenal secara mendalam mengenai memori RAM dam ROM, sehingga sering memberikan kesimpulan, pernyataan bahkan dalam membedakan yang kurang tepat, terhadap kenirja atau fungsi dari memori RAM dan ROM.
Secara sederhana yang definisi dari RAM adalah merupakan singkatan dari (Random Access Memory) yang merupakan memory utama sebuah PC. RAM digunakan untuk menyimpan data sementara dan mengeluarkan data yang diminta oleh processor. Alur data yang disimpan dan dikeluarkan dari RAM sangat dinamis dan berkecepatan sangat tinggi.  RAM dapat melakukan aktivitas read and write. Artinya, kita bisa mengambil dan menyimpan data dari dan ke RAM tersebut (Wahyudi:88)
Sedangkan yang dinamakan ROM ialah sebuah tempat penyimpanan yang memuat instruksi atau data yang dapat dibaca akan tetapi tidak dapat ditulis. yaitu memory yang hanya bisa dibaca saja datanya atau programnya. Pada PC, ROM terdapat pada BIOS ( Basic Input Output System) yang terdapat pada Mother Board yang berfungsi untuk men-setting peripheral yang ada pada system(Fauzi:78).
Itulah sedikit penjelasan mengenai kedua jenis memory utama PC, dari setiap jenis memory tersebut, masih dibagi menjadi lebih spesifik, karena memiliki macam fungsi dan kegunanaan. Itu saja yang bisa saya paparkan mengenai memori, semoga bermanfaat.
Terimakasih sudah membaca artikel saya, boleh di copy paste tapi mohon dicantumkan sumbernya ya….

0 komentar:

Newer Post Older Post Home

Popular Posts

Followers

 

Beranjak Up date

Loading...

Blog Archive

negara

free counters
 

Templates by Nano Yulianto | CSS3 by David Walsh | Powered by {N}Code & Blogger