Pengaruh budaya barat dalam pendidikan di negara berbudaya timur


By: Muhammad Sutalim
Seyogyanya berkembangnya pengetahuan, informasi dan teknologi dapat menyumbangkan serta mengembangkan budaya-budaya yang sudah ada menjadi lebih baik. Budaya leluhur yang diturunkan berabad abad memberikan kekhasan pada setiap daerah, ciri ciri khas tersebut memiliki arti tidak hanya sekedar sebuah keunikan dalam bidang seni saja akan tetapi mempengaruhi dalam segala bidang kehidupan sosial, salah satunya adalah bidang pendidikan.
Selama ini budaya di kenal terpisah menjadi dua golongan besar yaitu budaya barat dan budaya timur. Budaya barat lebih terkenal dan popular dengan cirinya dalam kemajuan teknologi yang pesat, pusat kemajuan ilmu pengetahuan dan pergaulan yang bebas (liberal) sedangkan budaya timur sering di lihat dari nilai kesopanan dalam pergaulan dan tata krama kepada sesama.
Dalam dunia pendidikan pengaruh – pengaruh cultural sering kali mendapatkan soratan, hal ini tidak lain muncul dari pandangan setiap orang mengenai kedua budaya tersebut. Pada dasarnya ada dua pandangan yang mencerminkan pengaruh budaya barat terhadap pendidikan di negara-negara yang memiliki budaya timur. Pertama adalah pandangan positif, dimana beberapa orang mengklaim bahwa dengan adanya budaya barat yang masuk membuat sebagian sistem pendidikan lebih berkembang di bandingkan sebelumnya, contohnya saja bahwa dengan adanya budaya barat yang menemukan teori pembelajaran baru dengan memperbolehkan siswa untuk mencari tahu pengetahuan dari berbagai sumber belajar menjadikan anak lebih kratif dan mampu mengembangkan bakat yang dimilikinya, selain itu dengan seriiringnya perkembangan teknologi – teknologi informasi modern, menjadikan anak lebih mudah berkomunikasi dan mendapatkan pengetahuan dari segala pelosok penjuru dunia.
Adanya teknologi dari barat menjadikan waktu pembelajaran bisa lebih fleksibel tidak harus bertatap muka dan dilaksanakan secara klasikal saja, dengan perkembangan teknologi canggih memungkinkan sumber informasi dapat diterima anak dengan mudah karena mampu melayani setiap tipe belajar. Bersumber dari statement itulah yang menjadikan sebagian orang percaya bahwa budaya barat mampu memberikan banyak manfaat bagi pendidikan budaya timur.
Hal tersebut lain ceritanya jika dilihat dari kacamata beberpa orang yang kurang menyetujui pernyataan bahwa budaya barat memiliki manfaat lebih dibandingkan budaya timur dalam bidang pendidikan. Alasannya adalah budaya barat lebih mementingkan sifat intelektual anak saja sedangkan tujuan pendidikan bukan hanya mengasah otak intelektual anak saja melainkan juga dalam penanaman nilai-nilai luhur, dengan anak mudah mengakses informasi bukan berarti mereka cenderung memanfaatkannya untuk menambah ilmu akan tetapi lebih banyak digunakan untuk membuka konten-konten yang tidak layak untuk mereka, hal ini terbukti dengan banyaknya kasus di amerika bahwa anak dibawah umur 17 sering mendapatkan email mengenai suatu konten yang tidak tepat diberikan pada usia mereka, sehingga bagi beberapa orang yang menolak budaya barat, lebih melihat kekurang efektifan perkembangan teknologi yang canggih tersebut serta penekanan pada segi intelektual saja.
Dari beberapa penjelasan dan pendapat mengenai pengaruh budaya barat dalam dunia pendidikan diatas, diharapkan mampu memberikan gambaran bahwa budaya barat disadari ataupun tidak, memiliki banyak pengaruh dalam memperbaiki mutu/kualitas pendidikan di neraga berkebudayaan timur, meskipun tidak luput dari efek-efek negative yang dibawanya, kuncinya adalah terletak pada filter yang digunakan untuk menyaring kebudayaan barat sehingga dapat menyesuaikan dan memberikan banyak manfaat bagi pendidikan di negara berbudaya timur.

1 komentar:

Anonymous

keyword ranking tool search engine submission seo backlinks seo backlink

Newer Post Older Post Home

Popular Posts

Followers

 

Beranjak Up date

Loading...

Blog Archive

negara

free counters
 

Templates by Nano Yulianto | CSS3 by David Walsh | Powered by {N}Code & Blogger