By: Muhammad sutalim
A. Definisi
psikologi
Psikologi
berasal dari kata psyche dan logos. Psyce berarti jiwa sedangkan logos
merupakan ilmu sehingga secara harfiah bisa dikatakan ilmu jiwa. Walaupun
begitu ilmu jiwa atau jiwa sebgai obyek kajian sangat sulit untuk didefinisikan
secara mandiri walaupun keberadaannya tidak dapat dipungkiri. Untuk melihat
bahwa jiwa itu memang ada adalah dengan mengamati gejala-gejala yang menyertai
seseorang atau individu dan gejala gejala jiwa itu dapat dikelompokkan menjadi
4 yaitu : 1. Gejala kognitif (pengenalan) 2. Gejala afektif (perasaan) 3.
Gejala keinginan(konatif). 4 gejala campuran (psikomotorik).
Menurut
ensiklopedia nasional jilid 13 (1990) menyebutkan bahwa psikologi itu merupakan
sebuah kajian ilmu yang mempelajari tentang tingkah laku manusia dan binatang
secara tampak maupun tidak nampak. Sedangkan definisi yang sekarang ini
menyempurnakan definisi sebelumnya yaitu psikologi merupakan kajian ilmu yang
mempelajari tingkah laku manusia secara individu maupun kelompok dalam
hubungannya dengan lingkungan baik yang nampak maupun tak nampak baik disadari
maupun tidak, kelakuan nampak bisa dicontohkan seperti membaca, mengamati
sedangkan yang tak nampak seperti saat melakukan analisis atau berfikir.
B. Definisi
pendidikan
Pendidikan
menurut kamus bahasa Indonesia (1991) pendidikan diartikan sebuah proses
pengubahan tingkah laku atau sikap seseorang maupun kelompok menjadi lebih
dewasa melalui pelatihan serta pengajaran. Sedangkan definisi sekarang tentang
pendidikan adalah suatu usaha secara sadar atau disengaja untuk mengubah
tingkah laku manusia secara individu maupun kelompok dalam mendewasakan manusia
melalui pengajaran dan pelatihan.
C. Definisi
psikologi pendidikan
Menurut
whiterington (1978) psikologi pendidikan adalah sebuah studis sistematis
tentang suatu proses dan disertai juga factor factor kejiwaan dalam hubungannya
dengan pendidikan manusia. Sedangkan menurut Sumadi Suryabrata (1984) mendefinisikan
psikologi pendidikan sebagai pengetahuan psikologi mengenai anak didik dalam
dalam situasi pendidikan.
Menurut
Elliot dkk. (1999) meyatakan bahwa psikologi pendidikan merupakan penerapan
teori-teori psikologi untuk mempelajari perkembangan, belajar, motivasi,
pengajaran dan permasalahan yang muncul dalam dunia pendidikan. Sehingga dari
beberapa definisi diatas dapat disimpulkan bahwa psikologi pendidikan merupakan
ilmu yang mempelajari penerapan teori-teori psikologi dalam bidang pendidikan.
Disinilah peranan psikologi yang membahas berbagai tingkah laku yang muncul
serta perlu dimunculkan untuk mendukung sebuah proses belajar dan pembelajaran.
D. Ruang
lingkup psikologi pendidikan
Karena
psikologi mengkaji sebuah tingkah laku maka dalam ilmu psikologi pendidikan
yang menjadi ruang lingkup kajiannya adalah semua tingkah laku yang muncul
ketika proses belajar dan pembelajaran sedang berlangsung sehingga sorotannya
terletak pada guru dan siswa.
Sumber:
psikologi pendidikan (uny pers)2007
0 komentar:
Post a Comment