Psikologi Pendidikan "definisi dan cakupan"


By: Muhammad sutalim
A. Definisi psikologi
Psikologi berasal dari kata psyche dan logos. Psyce berarti jiwa sedangkan logos merupakan ilmu sehingga secara harfiah bisa dikatakan ilmu jiwa. Walaupun begitu ilmu jiwa atau jiwa sebgai obyek kajian sangat sulit untuk didefinisikan secara mandiri walaupun keberadaannya tidak dapat dipungkiri. Untuk melihat bahwa jiwa itu memang ada adalah dengan mengamati gejala-gejala yang menyertai seseorang atau individu dan gejala gejala jiwa itu dapat dikelompokkan menjadi 4 yaitu : 1. Gejala kognitif (pengenalan) 2. Gejala afektif (perasaan) 3. Gejala keinginan(konatif). 4 gejala campuran (psikomotorik).
Menurut ensiklopedia nasional jilid 13 (1990) menyebutkan bahwa psikologi itu merupakan sebuah kajian ilmu yang mempelajari tentang tingkah laku manusia dan binatang secara tampak maupun tidak nampak. Sedangkan definisi yang sekarang ini menyempurnakan definisi sebelumnya yaitu psikologi merupakan kajian ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia secara individu maupun kelompok dalam hubungannya dengan lingkungan baik yang nampak maupun tak nampak baik disadari maupun tidak, kelakuan nampak bisa dicontohkan seperti membaca, mengamati sedangkan yang tak nampak seperti saat melakukan analisis atau berfikir.
B. Definisi pendidikan
Pendidikan menurut kamus bahasa Indonesia (1991) pendidikan diartikan sebuah proses pengubahan tingkah laku atau sikap seseorang maupun kelompok menjadi lebih dewasa melalui pelatihan serta pengajaran. Sedangkan definisi sekarang tentang pendidikan adalah suatu usaha secara sadar atau disengaja untuk mengubah tingkah laku manusia secara individu maupun kelompok dalam mendewasakan manusia melalui pengajaran dan pelatihan.
C. Definisi psikologi pendidikan
Menurut whiterington (1978) psikologi pendidikan adalah sebuah studis sistematis tentang suatu proses dan disertai juga factor factor kejiwaan dalam hubungannya dengan pendidikan manusia. Sedangkan menurut Sumadi Suryabrata (1984) mendefinisikan psikologi pendidikan sebagai pengetahuan psikologi mengenai anak didik dalam dalam situasi pendidikan.
Menurut Elliot dkk. (1999) meyatakan bahwa psikologi pendidikan merupakan penerapan teori-teori psikologi untuk mempelajari perkembangan, belajar, motivasi, pengajaran dan permasalahan yang muncul dalam dunia pendidikan. Sehingga dari beberapa definisi diatas dapat disimpulkan bahwa psikologi pendidikan merupakan ilmu yang mempelajari penerapan teori-teori psikologi dalam bidang pendidikan. Disinilah peranan psikologi yang membahas berbagai tingkah laku yang muncul serta perlu dimunculkan untuk mendukung sebuah proses belajar dan pembelajaran.
D. Ruang lingkup psikologi pendidikan
Karena psikologi mengkaji sebuah tingkah laku maka dalam ilmu psikologi pendidikan yang menjadi ruang lingkup kajiannya adalah semua tingkah laku yang muncul ketika proses belajar dan pembelajaran sedang berlangsung sehingga sorotannya terletak pada guru dan siswa.
Sumber: psikologi pendidikan (uny pers)2007

0 komentar:

Newer Post Older Post Home

Popular Posts

Followers

 

Beranjak Up date

Loading...

Blog Archive

negara

free counters
 

Templates by Nano Yulianto | CSS3 by David Walsh | Powered by {N}Code & Blogger